Rabu, 14 Januari 2009

proGress

Suara: Hati Redaksi

Assalamu ‘alaikum wr.wb.
Alhamdulillah, selama satu minggu kami bekerja, dapat mewujudkan penebitan pertama kali majalah dinding sekolah. Hal ini dapat terjadi hanya atas ijin dan kepastian dari Allah.

Ciri utama masyarakat ilmiah adalah berpikir, bertindak, bekerja atas prosedur ilmiah. Yaitu memiliki metoda, sistematika yang obyektif. Untuk itu sekolah sebagai lembaga ilmiah formal harus mempunyai kehendak bergerak kearah tersebut. Kita berlatih untuk bekerja dan melakukan kegiatan yang dapat dipertanggungjawabkan keobyektivannya.

Majalah Dinding merupakan salah satu out let dari rencana pembentukan masyarakat ilmiah, sangat ( mutlak ) diharapkan kehadirannya. Tempat menuang karya dari insan-insan pendidikan ; kepala sekolah, guru, siswa, pakar pendidikan, pengamat pendidikan dll.

Sengaja majalah dinding sekolah SMPN 1 Sepatan diberi nama “ PROGRESS “ dan ditulis dengan ikon “ proGress “. Dengan harapan majalah dinding ini dapat menampung aspirasi semua warga sekolah yang menghendaki kemajuan. Dapat memberikan inspirasi kepada warga sekolah yang memiliki semangat untuk maju. Dan dapat mengakomodasi insan yang bejiwa maju. Kemajuan yang dimaksud adalah kemajuan yang menentu, yaitu kemajuan ke arah yang positif. Berpihak pada kebenaran dan anti pada segala yang distruktif.

Kemajuan adalah perubahan. ( baca zDikir ) Perubahan dapat dilakukan secara evolusi, revolusi atau alami. Dengan prinsif menjebol yang lama sekaligus menbangun yang baru. Yang haq…..

salam
proGress
gusSas03/09/03



Sebaiknya Aku Tahu!


Eureka ! !
Pada suatu hari Raja Hieron II menyuruh tukang emas untuk membuat mahkota dari emas murni. Mahkta yang diinginkan Raja Hieron II pun akhirnya jadi, berwarna kunig keemasan. Namun, sang Raja ragu akan kemurnian emas pada mahkota yang dipakai. Oleh karena pada waktu itu belum ada alat untuk mengetahui kadar kemurnian emas, raja memanggil Archimedes. Pada waktu itu Aarchimedes sangat terkenal karena keahliannya di bidang eksperimen fisika dan teori matematika. Archimedes yang mendapat tugas dari raja mulai memikirkan cara mengukur kadar emas dan membuktikan bahwa mahkota raja terbuat dari emas murni. Ketika Archimedes masuk ke bak mandi yang penuh air, tentu saja air dalam bak mandi meluap dan tumpah ke lantai. Tiba-tiba ia bangkit dan lupa tidak mengenakan celana. Sambil telanjang ia mengatakan “ eureka….eureka..! “ yang artinya sudah kutemukan. Apa yang ia temukan? Archimedes menemukan cara mengukur kemurnian emas mahkota raja. Penemuannya terkenal dengan sebutan hukum Archimedes. Ingintahu hukum Archimedes ?! Pelajarilah dengan saksama pelajaran kelas I SMP.
Rakriyan Jacob 3/9/03)


Tanya Jawab


1.Pertanyaan :
Apa keistimewaan pesawat ulang alik dibanding roket ?
( Andi Suhendar, Kelas I )

Jawaban :
Keistimewaan pesawat ulang alik ( Columbia, Discovery, Atlantis, dan Challenger ) adalah sebagai berikut :
a.Terbang ke angkasa luar dan kembali lagi ke Bumi dengan selamat.
b.Dapat mendarat di daratan, tidak mencebur ke laut.
c.Dapat mendarat seperti pesawat terbang biasa di suatu tempat yang telah ditentukan.
d.Pesawat dapat digunakan kembali.
e.Dapat digunakan untuk membawa satelit ke angkasa luar dan mengorbitkannya.
f.Dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan saatelit yang berada di angkasa luar.
g.Dapat membawa kembali satelit ke Bumi apabila satelit tidak dapat diperbaiki di antariksa.

2.Pertanyaan :
Gerakan-gerakan apakah yang dilakkan oleh Bulan ?
( Fitri Astuti, Kelas I )

Jawaban :
Bulan melakukan tiga gerakan sekaligus, yaitu :
a.Bulan berputar pada porosnya atau berotasi dengan kala rotasinya rata-rata 29,5 hari.
b.Bulan menelilingi Bumi atau berevolusi dengan kala revolusi 29,5 hari.
c.Bulan bersama-sama dengan Bumi mengelilingi Matahari.

RJ 3/9/03 )



Dzikir dzikir dzikir...

Memulai Perubahan
Kesalahan banyak orang, menurut Syekh Muhammad al- Ghazali, seorang ulama Mesir, adalah memulai lembaran baru hidupnya menunggu awal tahun baru atau disaat ulang tahun. Padahal himmah atau keinginan yang kuat untuk berubah dan mereformasi diri telah dimiliki sejak lahir.

Bagi seorang Muslim, sebenarnya tak perlu memahai sesuatu perubahan dengan susah payah dan rumit. Simbol pertama perubahan adalah bergerak. Shalat yang menjadi ibadah terpenting dilakukan berulang-ulang lima kali setiap hari adalah rangkaian gerakan-gerakan yang penuh dan padat makna. Bukan hanya berdiam diri dan termenung. Ada pesan yang dalam dari shalat.

Musuh utama Islam sejati adalah kemandekan, diam, atau hanya berjalan di tempat.
Sesungguhnya memang esensi terpenting dari Islam adalah memerangi kebodohan, kemandekan, serta perbudakan dan penghambaan kepada selain Allah.

Muslim harus penuh aktivitas, seperti halnya tindakan melakukan shalat. Mulai dari saat matahari terbit hingga ujung malam. Maka bergerak dan penuh karya, serta memiliki etos kerja yang tinggi, gigih menuntut ilmu, berbuat menurut ajaran adalah ciri yang semestinya paling menonjol dari seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu perubahan harus dengan perencanaan yang baik. Harus dipikirkan matang-matang. Bisa saja seseorang berubah namun kepada yang lebih jelek, lebih memprihatinkan, atau bahkan lebih mempercepat kehancuran.

Seseorang yang tengah mendirikan shalat, dengan gerakan-gerakan yang teratur dan berkesinambungan itu, dituntur untuk khusyuk. Yaitu konsentrasi penuh yang menghadirkan seluruh jiwa dan segenap pikirannya untuk dapat membentuk kesatuan antara bacaan dan artinya dilakukan sepanjang hidup seorang Muslim. Hal ini ditempuh demi perubahan yang benar dan terus-menerus dalam kehidupan individu. Sehingga terwujud perubahan sebuah tatanan sosial.

Pikiran dan ide-ide cemerlang akan sia-sia tanpa dilanjutkan dengan sebuah tindakan. Sebaliknya gerakan tanpa pikiran yang matang dan benar adalah kebodohan, kesia-siaan dan kehancuran.


( Hikmah Republika, Faris Sufi direvisi proGress GUS_sAZ 3/9/03 )

Kemajuan adalah perubahan.Perubahan dapat dilakukan secara evolusi, revolusi atau alami. Dengan prinsif menjebol yang lama sekaligus menbangun yang baru. Yang haq…..

salam
proGress
RJ03/09/03


Tolong Bantu Si Black !

Ketika sedang berada di atas bus sekolah iseng-iseng ngobrol dengan kondektur bus.

“ Bang kalau seminggu berapa anak yang naik bus ini ?”
“ Anak kecil seperti kamu ? “
“ Iya dong, Bang,” kata si Black tegas.
“ Gini, ya. Harga karcis untuk anak-anak Rp. 200,- dan untuk dewasa Rp. 300,-. Seminggu rata-rata terjual 180 karcis dengan hasil penjualan Rp. 42.000,- “
“ Gimana sih Abang ini. Black kan nanya jumlah penumpang, kok malah dikasih harga-harga,” sergah Black.
“ Yeee, adik kan sudah diajari berhitung. Abang kan tidak tahu, kebetulan adik tanya ya sekalian Abang pingin tahu, “ balas Abang kondektur.
“ Waduh, Black kan sudah mau turun. Pembaca tolong bantuin Black dong. Berapa jumlah anak yang menumpang bus ini dalam seminggu ?”


Kirim jawaban dalam amplop tertutub. si Black menyediakan 3 hadiah @ 5 buku tulis.



LombA bERHADIAH

Lomba terbuka untuk semua siswa SMPN 1 Sepatan

Jenis yang dilombakan :

1.cerpen
2.puisi
3.karikatur
4.kartun
5.kaligrafi
6.opini ( tema bebas )
7.artikel ( tema bebas )
8.gambar/ sketsa/ lukisan ( tema bebas )

Syarat :
1.Naskah / artikel / gambar dll. asli karya pribadi.
2.Identitas ditulis lengkap ( bukan nama samaran ).
3.Panjang naskah maksimal 3 halaman folio, ketik dobel spasi.

Ketentuan :

1.Naskah telah diterima redaksi paling lambat 15 September 2003.
2.Naskah/ gambar tidak ada unsur pornografi.
3.Semua naskah yang dikirim menjadi milik Panitia.
4.Naskah yang layak, akan diterbitkan di mading proGress.
5.Siswa boleh mengirimkan naskah lebih dari satu.

Hadiah :

Buku,Tas dan alat tulis sekolah.


DitungGu!
proGress

Kolom Mading proGrss

1.Dari Redaksi
2.Sastra & Budaya
3.IPTEK
4.Advis Belajar
5.Ruang Bahasa ( Inggris & Indonesia )
6.Lingkungan Hidup
7.Agama
8.Hiburan
9.Sport
10.Tanya Jawab
11.Informasi
12.Kwiss
13.Karya Visual
- gambar
- sketsa
- lukisan
- karikatur
- vignet
- kartun
- dll
14.Bianglala

gusSaz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut