Senin, 06 Oktober 2008

Pendekatan SAVI Pembelajaran Fisika

ABSTRAKSI

Agus Sasono Edi. 2008. Merancang Pendekatan SAVI Dalam Pembelajaran IPA Fisika: Kelas IX SMP Negeri 1 Sepatan.

Kata Kunci: Pendekatan SAVI, Diskusi FGD, Kegiatan Operasional Pendekatan SAVI, Mixed Ability

Menurut pengamatan peneliti terhadap siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sepatan tahun pelajaran 2007/2008, menunjukkan bahwa motivasi belajar pada IPA Fisika relatif rendah. Rendahnya motivasi belajar membawa pengaruh terhadap rendahnya pemahaman konsep mata pelajaran ini. Dikhawatirkan, dengan rendahnya pemahaman konsep akan membawa akibat tidak tercapainya standar lulusan minimal mata pelajaran IPA pada ujian nasional. Mengingat pengalaman tahun sebelumnya, banyak siswa yang hasil belajarnya belum mencapai standar kompetensi lulusan minimal pada mata pelajaran IPA dikarenakan rendahnya motivasi belajar. Implikasi dari kondisi ini, maka peneliti mencoba mewujudkan gagasan pemecahan persoalan. Dengan merancang pendekatan SAVI dalam pembelajaran IPA Fiska pada kelas mixed ability.

Tujuan utama penelitian ini adalah upaya peningkatan pemahaman konsep IPA Fisika. Jalan yang ditempuh peneliti adalah menyusun pola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI. Suatu pola pembelajaran yang menyenangkan, dan diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar, daya ingat, dan pemahaman konsep.

Masalah berikutnya adalah apa saja komponen kegiatan operasional pendekatan SAVI serta bagaimana menyusun perencanaan proses pembelajarannya? Menjawab pertanyaan ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Focus Group Discussion (FGD). Pengumpulan informasi mengenai permasalahan tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok. Secara keseluruhan penelitian ini dilakukan dalam lima tahap, yaitu: persiapan diskusi FGD, pelaksanaan diskusi FGD sekaligus pengambilan data, analisis data hasil rekaman diskusi, penyusunan perencanaan proses pembelajaran melalui pendekatan SAVI, dan terakhir penulisan laporan hasil penelitian. Penelitian menghasilkan simpulan bahwa pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA Fisika dapat diwujudkan. Pendekatan SAVI mampu mewujudkan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan mampu memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif.

2 komentar:

  1. mas bisaminta skirpsinya di kirim ke email saya, julie187_eys@yahoo.co.id soalnya mau saya gunakan sebagai penelitian yang relevan, trims.

    BalasHapus
  2. bisa minta skripsinya di kirim ke email saya, zaldirohadian@yahoo.co.id coz saya mau gunakan sebagai penelitian yang relevan

    BalasHapus

Pengikut